Friday, July 24, 2015

Operasi Perdana



Pertama-tama saya minta maaf kalau tulisan saya ini terlalu vulgar. Tapi niat saya menulis ini murni untuk berbagi pengalaman saya. Siapa tahu ada yang pernah atau sedang mengalami kebingungan seperti saya setahun yang lalu.

Pada bulan April 2014, saya mengalami keanehan pada saat saya sedang mandi. Ketika saya meraba (maaf) payudara (PD) sebelah kiri saya, saya merasakan ada kejanggalan. Ada bagian dekat areola yang menurut saya agak keras. Saya meraba PD saya yang sebelah kanan, aman, ngga ada bagian yang lebih keras. Memang sudah menjadi kebiasaan saya waktu mandi untuk memeriksa keadaan PD saya, walopun mungkin cara saya ngga sesuai sama teknik SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Keanehan ini saya sampaikan pada suami. Saya juga mulai searching di internet, mencocokan tanda-tanda yang saya alami. Suami saya menyarankan untuk mengkonsultasikan dulu pada ibu dan kakak saya. Mungkin mereka lebih memahami permasalahan saya. Namun jawaban kurang memuaskan saya terima dari ibu. Katanya bagian yang keras itu mungkin karena perubahan hormon setelah saya menikah. Saya bertanya pada teman-teman saya yang sudah menikah, hampir semua menjawab tidak mengalami keadaan yang saya alami. Saya makin parno, tapi juga ngga makin berani buat konsultasi ke dokter. 

Setiap saya googling mengenai benjolan di payudara, di akhir artikel selalu menuliskan, “untuk memastikan benjolan tersebut, konsultasikanlah ke dokter”. Keberanian saya mulai muncul tiga bulan kemudian. Iya, saya harus periksa ke dokter. Tapi dokter siapa yang bagus? Tepatnya, dokter wanita mana yang bagus. Setelah tanya sana sini sama temen, sodara dan mbah google, saya tertarik dengan dr. D. Francisca Badudu, Sp.B(K) Onk. Selain sebagai dokter spesialis onkologi (spesialis tumor-tumoran), beliau juga adalah seorang dosen UNPAD. Beliau buka praktik di RS Hasan Sadikin (RSHS), RS Boromeus, RS Santosa dan RS. Advent. Saya memutuskan periksa di RSHS, karena jadwalnya paling pagi diantara RS lainnya. Saya minta jadwal beliau langsung melalui email. Per Junil 2014, ini jadwal praktiknya ya. Kalo udah ngga update, silakan berkirim email (fbadudu@yahoo.com), beliau ngga sungkan membalas lho..

RS Boromeus : Senin pukul 17.00 dan Rabu pukul 15.00
RS Hasan Sadikin : Selasa dan Kamis pukul 11.00
RS Santosa : Selasa dan Kamis pukul 17.00
RS Advent : Selasa - Kamis pukul 14.00

dr. Francisca praktik di poli Anggrek RSHS. Pemeriksaan pertama dengan beliau lumayan singkat. Beliau memeriksa PD kanan dan kiri saya kemudian beliau mengatakan bahwa semua benjolan itu tumor, dan tumor itu ada yang jinak dan ganas dan harus dioperasi, karena tumor ngga bisa diobati. Beliau menyarankan saya untuk USG mammae dan bertemu beliau lagi untuk konsultasi hasil USG itu dua hari kemudian. Saya langsung galau. Hahhh.. saya punya tumor dan harus dioperasi?

Pertemuan kedua, saya agak kzl nunggu dr. Francisca yang ngga dateng-dateng. Harusnya dateng jam 11.00, ini baru dateng jam 13.30. Saya langsung setor hasil USG PD saya. Dan memang harus operasi kecil. Dua hal yang bikin kepikiran, gimana rasanya operasi dan bayar operasinya piye??? Waktu itu saya dan ibu langsung cari informasi ke bagian operasi minor RSHS. Selain tanya prosedur operasi, saya juga tanya kemungkinan untuk saya menggunakan fasilitas ASKES dari kantor, yang ternyata waktu itu sudah menjadi BPJS.

Prosedur pengurusan BPJS dan pendaftaran operasi melalui jalur BPJS ngga saya certain secara detail ya, soalnya udah banyak lupanya. Takut menyesatkan. Yang pasti kalau mau pake BPJS, harus ada rujukan dari Puskesmas, terus  ke RSUD. Dan satu pesen saya kalo mau pake fasilitas BPJS di RSHS, siapin stok sabar yang banyak yaaaa.. RSHS, Rumah Sakit Harus Sabar.. Kalo mo apa-apa harus ngantri panjang. Nanya ke petugas prosedurnya gimana, kadang ga akurat. Udah cape-cape ngantri ternyata salah loket. Belum lagi fasilitas ruang tunggu yang “sumpek”. Dan yang lebih miris, banyak pasien rawat inap yang ikut ngantri dan mereka cuma dianter sama keluarganya. Jadi yang dorong-dorong kursi roda ato tempat tidurnya bukan perawat. Kabayang ngga, lagi dalam keadaan sakit, pusing, harus angin-anginan di ruang tunggu karena (mungkin) mo cek lab ato ketemu sama dokter spesialis. Ah sudah mulai melenceng. Pokonya, saya ngurusin buat operasi itu selama dua hari. dan keluarlah jadwal operasi saya, 16 Juli 2014. Saya harus puasa dari jam 12 malem dan dateng ke bagian operasi minor jam 7 pagi. Kebagian nomer berapa? Entahlaahhh...

Tanggal 16 Juli 2014, jam 7 pagi, saya ditemani suami dan keluarga udah sampe di Instalasi Bedah Sentral Minor dan Endoskopi RSHS. Kebetulan, sodara suami ada yang kerja jadi perawat di bagian itu. Jadi lewat beliau, saya bisa lebih leluasa ngecek kapan waktu operasi saya. Katanya, saya kebagian nomor urut tiga. Keadaan emosi campur aduk naik turun kayak roller coster. Yang tadinya deg-degan karena mo operasi perdana, sampe kesel karena dokternya ga dateng-dateng. Jam setengah dua belasan, setelah saya dipasang gelang nama pasien, akhirnya saya dipanggil masuk ruang operasi. Kirain mau langsung dibelek aja. Taunya tetep harus nunggu. Setelah ganti pake baju operasi, saya pamit dan minta doa sama ibu dan suami. Saya diarahkan ke ruang tunggu pasien dan disuru nunggu sambil rebahan di tempat tidur dorong. Selain saya, ada dua orang pasien yang lagi nunggu juga.

Setengah jam saya duduk dan rebahan sambil ngeliat dokter, dokter koas, dan perawat hilir mudik di depan saya. Kok saya dicuekin gini sih? Dingin nih, cuma pake baju selembar kain doang. Akhirnya ada (nampaknya) dokter (koas) yang mewawancarai saya mengenai riwayat kesehatan saya. Setelah itu, ada dokter yang memperkenalkan diri sebagai asisten dr. Francisca, mau periksa benjolan di PD saya. OH TIDAAAKKKK... Asisten dokternya LAKI-LAKI!! Pasrah deh, saya gakan inget juga mukanya karena si asisten pake masker. Setelah itu, semuanya berjalan begitu cepat. Saya disuru masuk ke ruang operasi. Saya terus didampingin sama perawat yang juga sodara suami saya itu. Jadi saya bisa lebih tenang. Saya disuru rebahan sambil tali baju saya dilepas. Ruangannya dingiiiiiiin banget. Hidung saya dipakein selang, terus saya juga dipakein infus. Ngga lama, dokter anastesi menyuntikan cairan anastesi ke infusan. Sepersekian detik, leher saya berasa kaku, dingin, pandangan melayang dan kesadaran menghilang. Pulass blas!!

Btw, salah satu alesan saya takut operasi adalah saat-saat anastesi ini. Takut kalo dosis anastesinya kurang dan saya ngga bener-bener dibuat tidur jadi sayatan-sayatan pas operasi masi berasa tapi saya ngga bisa apa-apa. Hahaha.. iya, rasanya saya pernah liat kejadian itu di pelem-pelem.

Setengah dua siang, saya mulai sadar. Ternyata saya sudah di ruang recovery. Saya berusaha membuka mata tapi beraaaaat banget. Seumur hidup saya, saya ngga pernah ngalamin ngantuk sengantuk itu. Mungkin rasanya kayak ngga tidur selama seminggu. Jadi saya melanjutkan sisa-sisa anastesi itu. Sampai akhirnya bisa bener-bener buka mata sekitar jam tiga sore. Dan yang saya rasakan adalah rasa lapar yang luar biasa, karena saya udah puasa dari jam 10 malem kemarinnya. Tapi belum boleh makan dan Cuma dikasi minum. Soalnya kalo langsung diisi takut muntah. Tersiksa pemirsaahhh.. Akhirnya saya diizinkan pulang jam empat sore.

Alhamdulillah biaya operasi GRATISTISTIS dicover BPJS. Cuma beli obat aja krn dokter ngga mau ngasih obat generik. Proses recovery juga alhamdulillah cepat. Besokannya saya udah boleh mandi, walo masih “asa-asa” kalo ngegerakin tangan kiri. Perban anti air diganti setiap (dua?) hari sekali. Luka operasi dioles betadine. Kemudian sekali kontrol untuk liat bekas jaitan dan sekali lagi kontrol untuk lepas jaitan. Benjolan itu langsung dicek di Patologi Anatomi dan hasilnya alhamdulillah tumor jinak. 

Semoga menjadi operasi perdana dan operasi yg terakhir. Sehat sehat SEHAT!!


11 comments:

  1. Pasca operasi tumornya ga tumbuh lg kan mba Hani?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ngga ada keluhan yg mengarah kesana lagi, mba...

      Delete
  2. Mba ak ngerasa ada benjolan panjang di payudara kiri ku, mw k dokter fransisca dlu jg ni kayanya tp email ku blm d bls, btw mba dlu ada gejala apa gitu pas kerasa ada benjolan itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget mba baru bales, semoga sudah sehat kembali ya mba. Wkt itu saya ngerasa ada benjolan dan kadang terasa ngilu

      Delete
  3. Mba itu nunggu operasi nya berapa lama dari mulai ngambil jadwal operasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales. Itungan hari kok, mungkin krn operasi kecil jd cepet antriannya

      Delete
  4. mba itu dari awal urus2 bpjs sampai operasi kira2 butuh waktu berapa lama ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales. Ngurus BPJS sambil daftar seinget saya sekitar 2 hari mba, asal dari pagi banget aja supaya dapet antriannya di awal2

      Delete
  5. Mba, aku kepengen tanya hehehe. dr nya friendly engga? Soalnya aku ada rencana mau cek juga, aku takut jutek2 gitu dr nya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales. seinget saya ngga begitu friendly sih, to the point juga :)

      Delete
  6. Mba sy mau tanya, saya jg ada benjolan di payudara kiri dan disuruh operasi oleh dokter bedah umum tp sy ragu jarna tidak dilakukan usg mammae terlebih dahulu dan sy mau mencoba ke dr fransisca, apakah biaya konsul pertamanya di tanggung Bpjs? Kalo tidak, kira2 biayanya brp?

    ReplyDelete