Sunday, June 26, 2016

Mencoba kesempatan kedua

November 2014
Saya bikin sebuah kesepakatan sama kakak saya, Indri Swatini, yg mana salah satu poinnya adalah sy harus join Jafra. Tanpa banyak pengetahuan, demi memuluskan salah satu niat sy yg satu lg, sy mengiyakan. Tapi tiap diwasap sama mba Indri utk "ayo jualan", "ayo rekrut downline", "ayo belanja biar dpt WTJ" sy bales dgn "hare-hare" (males-malesan in Sundanese).

Memang ga niat ikut kok.
Udah nawarin tapi ngga pada beli.
Udah bujuk rayu ttp ngga pada tertarik join.
Lah mau gimana lagi.

Begitulah kira-kira jawaban sy. Tp mba Indri itu emg gada bosennya ngewasap. Sampai akhirnya kesel juga nih diwasap mulu.

"Pokonya untuk skrg ini, ni (panggilan diri sendiri di keluarga) ngga akan jalanin Jafra. Mungkin nnti ni ikut kl anak-anak ni udah SMP."

Mengingat wkt itu sy lagi hamil besar, baru pindahan dari Bandung ke Semarang, lagi bener-bener adaptasi jd IRT yg sekaligus bekerja, jadi rasanya utk menawarkan dan serius di Jafra ini nampak ngga ada waktu. Rasanya 24 jam sehari aja masih kurang. Nah ini apalagi kl nanti yg di perut ini brojol, malah tambah sibuk. Oia, ini bukan alasan dibuat-buat lho ya, sy skrg di rumah cm bertiga suami n anak. No ART. No poco'an (itu lho, ART harian in Javanese).

Berbulan-bulan kemudian, saya menemukan foto mba Indri n temennya, teh Eva Rahayu di fb sy. Katanya mereka lg ngurus admin buat ke Italia September 2016.



Dalam hati sy terkesima dan lgsg teringat pada Oktober 2014, wkt itu sy minta anter mba Indri utk nemenin ke nikahan temen. Tp mba Indri jg minta anter buat ke rumah teh Eva, buat nganterin starter kit Jafra. Wkt itu sy heran sama mba Indri, jauh-jauh dr sebuah desa di Lbg turun gunung ke pesisir Kiaracondong cm buat nganterin itu. Bukan cuma jauh, tp macet. Grrrrr... Dan ternyata teh Eva itu "diceburin" mba Indri buat ikut Jafra. Blank sama sekali. Di jalan pulang sy tanya, emg udah dpt berapa dr Jafra, belom dpt apa-apa. Palingan keuntungan jualan lgsg aja 30%.

Bulan berikutnya, mba Indri dpt bonus 200ribuan. Lah emg itu sebanding sama nganter-nganterin barang sambil jelas-jelasin Jafra ke orang-orang? Ngga deh.

Bulan berikutnya. Bulan berikutnya. Liat dr sosmed, ada update fotonya sambil pegang papan bonus, 4 juta, 8 juta, 12 juta, 30 juta dan akhirnya bs ke Italia. Beneran itu teh? Dalam waktu kurang dari 2 tahun. Kok bisa? Perasaan sy sama mba Indri tuh setipe deh, sama-sama pendiem, sama-sama ngga bisa jualan.

Setelah berpikir dan minta petunjukNya, sy memantapkan utk aktif lagi di Jafra, tp dengan backingan dari suami. Hihihi... Supaya waktu sy di rumah, terlebih dengan anak, bs tetap utuh. Biar yg online malem-malem suami aja. Eits, membujuk suami ini juga ngga gampang, butuh proposal kesyariahan dr MLM Jafra ini. Supaya barokah ya bebeb... Mengingat motivasi terbesar sy utk balik lg ke Jafra ini adalah pengen beli rumah tanpa riba. Aamiin.. Aamiin.. Doakan yaaa..

Sy ngga tahu rezeki kami sekeluarga ada di sini atau ngga, tp yg kami yakini, setiap usaha akan selalu dinilai oleh Allah..

Buat yg tertarik menggunakan kosmetik berbahan alami dan bersertifikat BPOM, atau yg pengen tau lebih lanjut ttg bisnis Jafra, boleh hubungi sy ya. Mari kita berkembang bersama-sama.

No comments:

Post a Comment